INDAHNYA SEGARA ANAKAN, SURGANYA PULAU SEMPU MALANG

INDAHNYA SEGARA ANAKAN, SURGANYA PULAU SEMPU MALANG

PULAU SEMPU MALANG

            Satu lagi pesona alam yang eksotis di Jawa Timur tepatnya di daerah Malang yang tidak boleh anda lewatkan yaitu Pulau Sempu. Mungkin belum banyak wisatawan yang mengetahui tentang pulau ini, namun bagi yang sering ke Malang tentu nama Pulau Sempu tidak asing lagi bagi mereka karena merupakan primadona baru tempat wisata di Kabupaten Malang. Daya tarik utama dari Pulau Sempu adalah segara anakan yang terdapat dipulau tersebut.

LOKASI DAN RUTE MENUJU PULAU SEMPU

            Secara administratif, Pulau Sempu berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, kira-kira 65 km dari Pusat Kota Malang. Lokasi Pulau Sempu berdekatan dengan Pantai Sendang Biru, Goa Cina, Bajulmati maupun Balekambang. Untuk sampai di lokasi Pulau Sempu sobat akan menempuh perjalanan selama 2 sampai 3 jam. Dari Pusat Kota Malang, sobat bisa ambil arah Gadang-Bululawang-Turen-Sumbermanjing Wetan. Kemudian sobat ambil arah ke Pantai Sendang Biru.

            Karena Pulau Sempu merupakan sebuah pulau, untuk sampai ke pulau kita harus naik perahu dari Pantai Sendang Biru. Harga sewa perahu menuju pulau Sempu berkisar 100-200 ribu rupiah dan bisa diisi hingga 10 orang. Biasanya sang pemilik perahu akan bertanya jam berapa harus dijemput, sore atau keesokan harinya. Bisa juga minta nomer HP untuk memudahkan komunikasi.

            Sebelum menyeberang ke Pulau Sempu, para pengunjung harus meminta ijin ke kantor polisi hutan di Pantai Sendang Biru karena Pulau Sempu termasuk Kawasan Hutan Konservasi atau cagar alam bukan tempat wisata. Biaya pembuatan ijin sebesar 20.000 rupiah perorang, kita juga akan dibekali aturan-aturan yang berlaku selama berkunjung di Pulau. Menurut informasi terbaru, para pengunjung harus menyewa jasa Guide sebesar Rp.100.000/ kelompok.

            Sesampainya di pulau Sempu kita harus berjalan kurang lebih selama 2 jam dalam kondisi medan kering dengan menyusuri hutan. Perjalanan akan lebih lama jika pada musim hujan karena jalan setapaknya jeblok dan susah dilewati.

PETA MENUJU PULAU SEMPU DARI PUSAT KOTA MALANG


KEINDAHAN SEGARA ANAKAN, PULAU SEMPU

PULAU SEMPU MALANG

            Sesampainya di Segara Anakan Pulau Sempu, para pengunjung akan mendapati pemandangan yang indah. Pantai berpasir putih yang indah, air yang berwarna biru ditambah ribuan ekor ikan kecil-kecil berenang kesana-kemari dan disempurnakan dengan bukit-bukit hijau yang mengelilingi pantai ini seakan-akan menjadikan pantai ini bak surga. Terkadang gerombolan monyet akan mengerumuni tenda-tenda para pengunjung untuk mencari makanan. Ombak di Segara Anakan sangat tenang karena ombak dari laut lepas terhalang oleh bukit-bukit yang mengelilingi segara anakan. Bila sobat menaiki bukit ini, sobat akan melihat Samudra Hindia yang menawan dan apabila beruntung bisa bertemu dengan sekumpulan lumba-lumba. Mimpi untuk  berpetualang alam dan camping di pulau yang masih asri dan jarang pengunjung, akan sobat dapatkan di Pulau Sempu. Untuk lebih lama di Pulau Sempu saya sarankan untuk berangkat pada sore hari dan kembali ke Pantai Sendang Biru pada siang esoknya.


PULAU SEMPU MALANG

TIPS BERWISATA DI PULAU SEMPU-SEGARA ANAKAN

            Sebelum ke Pulau Sempu sebaiknya siapkan stamina yang fit, karena setelah turun dari perahu sobat akan berjalan kaki 2-3 jam. Gunakan alas kaki yang sesuai medan. Bawalah bekal makanan terutama minuman, karena selain tidak ada penjual makanan, di Pulau Sempu juga tidak ada sumber air tawar. Waktu berkunjung ke Pulau Sempu adalah saat musim kemarau, karena pada saat musim hujan jalan setapak akan dipenuhi lumpur dan menyulitkan perjalanan anda. Perlu diingat Pulau Sempu adalah cagar alam bukan tempat liburan, selain ijinnya ketat kita mempunyai tanggung jawab untuk menjaganya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Bagi pengunjung yang belum pernah kesini, disarankan untuk menyewa seorang Guide yang akan menuntun kita ke Segara Anakan, sehingga tidak tersesat karena jalan setapak yang bercabang. Biayanya Rp.100.000.




            Demikian sedikit ulasan dari kami tentang Indahnya Segara Anakan, Surganya Pulau Sempu, semoga bisa menjadi referensi bagi sobat dolenku yang ingin berkunjung ke tempat ini. Untuk pertanyaan dan tambahan bisa ditulis dikolom komentar. Terimakasih.  

Incoming search terms :
# pulau sempu malang
# harga tiket masuk pulau sempu malang
# segara anakan
# lokasi dan rute menuju pulau sempu malang
# wisata malang
# wisata jawa timur

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "INDAHNYA SEGARA ANAKAN, SURGANYA PULAU SEMPU MALANG"

  1. PULAU SEMPU BUKAN TEMPAT UNTUK WISATA
    Kawasan hutan Pulau Sempu ditunjuk sebagai Cagar Alam berdasarkan Besluit van den Gouverneur Generaal van Nederlandsch Indie No : 69 dan No.46 tanggal 15 Maret 1928 tentang Aanwijzing van het natourmonument Poelau Sempoe dengan luas 877 ha. Sedangkan penggunaan Pulau Sempu hanya terbatas untuk kegiatan penelitian, pengembangan, ilmu pengetahuan dan pendidikan. Untuk para PENGUNJUNG DIHARUSKAN PERMOHONAN SURAT IZIN MASUK KAWASAN KONSERVASI (SIMAKSI).

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete