RANU KUMBOLO, SURGANYA GUNUNG SEMERU

RANU KUMBOLO, SURGANYA GUNUNG SEMERU

RANU KUMBOLO, SURGANYA GUNUNG SEMERU

        Ranu Kumbolo merupakan danau paling terkenal didaerah Jawa Timur terutama dikalangan para pecinta alam. Lokasinya yang berada di jalur pendakian Gunung Semeru membuat danau ini dijuluki para pendaki gunung sebagai Surganya Gunung Semeru. Danau Ranu Kumbolo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

LOKASI DAN RUTE MENUJU DANAU RANU KUMBOLO, GUNUNG SEMERU


RANU KUMBOLO, SURGANYA GUNUNG SEMERU

            Danau Ranu Kumbolo hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 4-5 jam dari Ranu Pane atau pintu masuk jalur pendakian Gunung Semeru, Kecamatan Senduro, Lumajang, Jawa Timur. Dari Malang sobat bisa ambil arah ke Tumpang (sekitar 45 menit) dan langsung ke Ranu Pane (Tumpang-Ranu Pane 1,5 jam). Lokasinya yang cenderung susah dicapai karena medan yang berat tapi tidak menyurutkan niat para pecinta alam yang memang alami.

INDAHNYA RANU KUMBOLO, SURGANYA GUNUNG SEMERU

RANU KUMBOLO, SURGANYA GUNUNG SEMERU

            Tidak dipungkiri dampak dari sebuah film layar lebar 5CM turut mempengaruhi semakin banyaknya para pendaki yang mendaki Gunung Semeru, termasuk kami. Selain menceritakan persahabatan 5 anak manusia, film yang dirilis pada akhir tahun 2012 ini juga menyuguhkan pemandangan keindahan Gunung Semeru yang selama ini tidak begitu diketahui kalayak ramai. Tidak semua pendaki sampai ke Mahameru, kebanyakan hanya memutuskan untuk camping di Ranu Kumbolo.

            Keindahan Ranu Kumbolo semakin lengkap dengan bukit-bukit hijaunya yang bila pagi hari menyuguhkan pemandangan matahari terbit yang indah ditambah jernihnya air danau dan terdapat satu bukit yang sering dijuluki “bukit cinta”yang konon ceritanya jika kita menaiki bukit ini dengan membayangkan seseorang yang kita cintai tanpa menoleh ke belakang kita akan hidup bahagia bersamanya. Suhu di Danau Ranu Kumbolo bisa sampai minus pada malam hari diharapkan membawa pakaian hangat jika berkunjung ke tempat ini.
RANU KUMBOLO, SURGANYA GUNUNG SEMERU

HAL YANG HARUS DIPERSIAPKAN SEBELUM MENGUNJUNGI RANU KUMBOLO, GUNUNG SEMERU

1.      Medannya yang berat menuju Ranu Kumbolo membuat kita harus mempersiapkan fisik yang prima. Disarankan untuk olahraga kecil setiap hari seminggu sebelum keberangkatan
2.      Siapkan foto kopi KTP sebanyak 3 lembar, surat keterangan sehat dari dokter dan materai. Hal ini untuk registrasi kita nanti untuk menjaga keamanan dan sebagai tindakan penyelamatan ketika kita belum kembali ke pos registrasi sesuai jadwal yang disepakati. Biaya masuk Rp.10.000/orang dan Rp.20.000/tenda.
3.      Bawalah tenda yang memilki lapis 2 sehingga kabut dan udara dingin tak mudah masuk kedalam tenda. Suhu udara pada malam hari bisa mencapai minus 5 derajat oleh karena itu disarankan membawa jaket tebal tahan air, kaos kaki, penutup kepala, sarung tangan, masker, sleeping bag, makanan dan minuman. Bawa juga coklat atau madu untuk menambah stamina.
4.      Sebainya berkunjung pada saat musim kemarau yaitu berkisar bulan Mei-September. Pada musim hujan sering terjadi badai dan longsor. Siapkan juga minimal 3 hari untuk berkunjung ke danau ini.

Selain itu kita harus mematuhi aturan selama kita berkunjung di Danau Ranu Kumbolo-Gunung Semeru yaitu dilarang mandi, berenang dan buang air didanau ini. Airnya yang jernih dan tawar sehingga bisa diminum langsung. Bawalah kantong plastik untuk sampah dan bawa sampah kembali ke pos registrasi karena akan diperiksa oleh penjaga yang memastikan kita membawa kembali sampah-sampah.


            Demikian sedikit ulasan kami tentang Ranu Kumbolo, Gunung Semeru, semoga bisa menjadi referensi sobat dolenku yang ingin berkunjung ke tempat ini. Untuk pertanyaan dan tambahan bisa ditulis dikolom komentar. Terimakasih.

Incoming search terms :
#ranu kumbolo
#lokasi dan rute menuju ranu kumbolo
#harga tiket masuk ranu kumbolo
#wisata malang
#wisata lumajang
#wisata jawa timur

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "RANU KUMBOLO, SURGANYA GUNUNG SEMERU"

  1. mas untuk anak usia 10 tahun bisa nggak ya diajak ke Ranu Gumbolo, tentunya dengan peralatan yg memadai.

    ReplyDelete
  2. kalau sewa potter, pesan dulu atau langsung ketika regrestasi di ranu pane ? trus pereharinya berapa mas ?

    ReplyDelete
  3. Relatif gan, medannya si relatif datar tapi harus jalan kaki lama. Ketika saya berkunjung kesitu juga banyak berbarengan sama anak kecil tentunya tanpa membawa tas (ranu kumbolo aja ya)
    Bisa cari potter pas registrasi, kurang tahu aku kalau tarif tapi kayaknya pakai hitungan antar-jemput, kesepakatan gitu mungkin dibawah 200 untuk antar-jemput.Sebaiknya berkunjung pada bulan mei-juni

    ReplyDelete