TELAGA SARANGAN MAGETAN, BEDUGULNYA PULAU JAWA

TELAGA SARANGAN MAGETAN, BEDUGULNYA PULAU JAWA

TELAGA SARANGAN MAGETAN, BEDUGULNYA PULAU JAWA

          Telaga Sarangan atau yang sering juga disebut Telaga Pasir merupakan objek wisata alam yang berada di lereng Gunung Lawu yang berlokasi di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Jawa Timur, Provinsi Jawa Timur. Dari kota Magetan 16 kilometer ke arah barat atau sekitar 5 kilometer dari arah timur Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Lokasi danau yang berada diketinggian dan dikelilingi bukit, membuat telaga sarangan mirip dengan Danau Bedugul di Bali. Luas Telaga Sarangan mencapai 30 hektar dengan kedalaman mencapai 28 meter.
RUTE MENUJU TELAGA SARANGAN DARI KOTA MAGETAN


            Sedikit cerita tentang Telaga Sarangan, menurut masyarakat terdapat mitos terbentuknya Telaga Sarangan yaitu dahulu kala ada 2 orang, Kyai Pasir dan Nyai Pasir yang mendadak menjadi dua naga raksasa setelah memakan telur dikebunnya. Karena merasa tubuhnya gatal-gatal seusai memakan telur, dua ekor naga itupun menggerus-gerus pasir dan berguling tiada henti. Lama kelamaan, terbentuklah sebuah cekungan dan disaat bersamaan muncul sumber air yang mengisi cekungan. Cekungan itulah yang akhirnya disebut Telaga Sarangan.


TELAGA SARANGAN MAGETAN, BEDUGULNYA PULAU JAWA

            Untuk dapat menikmati pesona Telaga Sarangan, tiap orang dan kendaraan diwajibkan membayar tiket masuk. Harga tiket masuk Telaga Sarangan sebesar Rp.10.000/orang. Untuk kendaraan, Rp.2.500/motor dan Rp.5.000/mobil.

            Pesona yang asri dan masih alami membuat Telaga Sarangan selalu ramai dipadati pengunjung tiap tahun. Lokasinya yang berada di pegunungan, membuat Telaga Sarangan sering tertutup kabut dan terlihat mistis. Sejuknya udara dipadu dengan hijaunya pepohonan membuat tempat ini cocok bagi sobat yang ingin menjahui keramaian dan kesibukan kota.

            Kita bisa menikmati jernihnya air Telaga Sarangan dengan berkeliling menggunakan sepeda air yang menyerupai bebek atau perahu boat. Atau juga bisa dengan naik kuda atau delman yang ditawarkan penduduk sekitar. Setelah lelah berkeliling Telaga Sarangan, sobat bisa mengisis perut dengan kuliner khas wisata ini, yaitu sate kelinci. Harga sate kelinci juga cukup murah, sekitar Rp.10.000 per porsi, selain itu juga ada makanan khas lainya, pecel Madiun.
TELAGA SARANGAN MAGETAN, BEDUGULNYA PULAU JAWA

            Untuk sobat dolenku yang datang dari luar kota dan membutuhkan tempat menginap, tidak perlu khawatir. Disini terdapat banyak sekali penginapan dipinggir telaga dengan harga bervariasi mulai dari Rp.70.000 hingga Rp.500.000 per malam. Banyak juga para penjual souvenir yang menjajakan berbagai macam kerajinan dan oleh-oleh. Terdapat juga para penjual sayur maupun buah-buahan.


            Demikian sedikit ulasan tentang Telaga Sarangan Magetan, semoga bisa menjadi referensi untuk sobat dolenku yang ingin berkunjung ke tempat ini. Untuk pertanyaan dan tambahan bisa ditulis dikolom komentar. Terimakasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "TELAGA SARANGAN MAGETAN, BEDUGULNYA PULAU JAWA"

Post a Comment