GUNUNG BROMO, MAHAKARYA TERINDAH DARI SANG PENCIPTA

GUNUNG BROMO, MAHAKARYA TERINDAH DARI SANG PENCIPTA

GUNUNG BROMO

Gunung Bromo merupakan salah satu wisata yang sangat terkenal baik di Jawa Timur, Jawa, Indonesia maupun mancanegara. Gunung berapi yang masih aktif ini terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, yang secara administratif meliputi 4 kabupaten yaitu Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo berada di ketinggian 2.392 meter diatas permukaan laut dan memilki pesona yang indah. Bentuk tubuhnya yang bertautan diantara lembah dengan dikelilingi kaldera atau lautan pasir luas kurang lebih 5.300 hektar.

SEDIKIT CERITA SEJARAH GUNUNG BROMO

            Pada jaman dahulu ketika kerajaan Majapahit menerima serangan dari berbagai daerah, banyak penduduk pribumi bingung mencari tempat tinggal baru sampai akhirnya mereka terpisah menjadi 2 kelompok, satu menuju Bali dan satunya lagi ke Gunung Bromo. Kedua tempat ini memilki kesamaan sampai sekarang yaitu kebanyakan masyarakatnya menganut agama Hindhu.Orang Jawa menyebutnya Gunung Bromo sedangkan orang Hindhu menyebutnya Gunung Brahma.

JALUR DAN RUTE MENUJU GUNUNG BROMO

Jika sobat dolenku sedang mencari destinasi wisata di Jawa Timur, maka Gunung Bromo adalah pilihan yang tepat untuk sobat kunjungi. Dan yang paling dicari oleh para turis ketika sedang di Bromo adalah menanti indahnya sunrise. Ada beberapa view point sunrise di kawasan Wisata Gunung Bromo yaitu :
1         1.  Penanjakan 1 (spot utama) yang bisa ditempuh dari jalur Pasuruan, Probolinggo dan Malang.
2         2.   Penanjakan 2 (spot alternatif) yang bisa ditempuh dari jalur Probolinggo.
3         3. Puncak B29 (spot baru yang lagi ngetrend) yang bisa ditempuh dari jalur Lumajang.

GUNUNG BROMO VIEW POINT PENANJAKAN 1

PENANJAKAN

            Penanjakan 1 Gunung Bromo tepatnya didaerah Wonokitri Pasuruan adalah spot utama untuk melihat indahnya sunrise Bromo. Berhadapan langsung dengan Gunung Bromo serta terdapat tribun kursi layaknya stadion sepakbola. Hampir setiap pekan, tempat ini ramai dipadati wisatawan lokal maupun asing yang berebut mencari posisi terbaik untuk melihat indahnya matahari terbit. Namun karena ramainya, terkadang kita juga tidak leluasa menikmati pemandangan disini.

            Untuk sampai di Penanjakan 1 terdapat beberapa rute, kita bisa melewati Tosari dan Purwodadi, jika dari Malang bisa lewat Tumpang dan jika dari arah Probolinggo bisa melewati Cemoro Lawang, Sukapura. Selain itu juga terdapat paguyuban persewaan jeep dijalur ini. Tiket Masuk ke Kawasan Gunung Bromo melalui jalur Penanjakan 1 sebesar Rp.27.500/orang pada hari biasa dan Rp.32.500/orang pada akhir pekan. Terdapat juga para penjual makan disini.

GUNUNG BROMO VIEW POINT PENANJAKAN 2

PENANJAKAN

            Penanjakan 2 Bromo atau biasa disebut dengan Seruni Point terletak di desa Seruni, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Point Seruni merupakan point alternatif para wisatawan ketika di Penanjakan 1 sedang ramai atau penuh sesak pengunjungnya. Namun untuk menuju Penanjakan 2/Seruni jalurnya begitu menanjak sehingga separuh perjalanan harus ditempuh dengan jalan kaki dengan menaiki anak tangga kurang lebih 10 menit. Untuk mencapai lokasi Penanjakan 2/Seruni, dari pertigaan Cemoro lawang kita belok kanan naik ke atas.Sampai dipos tiket masuk lurus saja turun ke kalderapadang pasir dengan melewati kaki Gunung Bromo dan Gunung Batok kemudian ambil arah kiri(jalan menanjak). Untuk harga tiket masuk sama dengan Penanjakan 1 yaitu Rp.27.500/orang pada hari biasa dan Rp.32.500/orang pada akhir pekan. Terdapat juga para penjual makanan disini.

GUNUNG BROMO VIEW POINT PUNCAK B29

PUNCAK B29

            Puncak B29 Bromo merupakan spot baru kunjungan wisata Gunung Bromo. Dinamakan Puncak B29 karena puncak tertingginya memilki ketinggian 2900 Mpdl. Puncak B29 terletak diperbatasan Desa Argosari Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang dengan Desa Ngadirejo Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo. Untuk mencapai Puncak B29 Bromo, dari pusat kota Lumajang ambil arah Senduro dan mengikuti jalan hingga tiba di Desa Argosari. Kemudian sobat akan menemui gerbang selamat datang “Kawasan Wisata B29 Desa Argosari Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang”. Untuk harga tiket masuk sama dengan Penanjakan 1 & 2 yaitu rp.27.500/orang pada hari biasa dan Rp.32.500 pada akhir pekan.

KALDERA ATAU LAUTAN PASIR BROMO

GUNUNG BROMO

            Selain pemandangan matahari terbit, Bromo juga menyuguhkan pemandangan lautan pasir atau kalderanya yang sangat luas. Padang pasir akan memberikan backgroud foto yang sangat indah. Dikaldera ini juga terdapat Pura masyarakat Tengger yaitu Pura Luhur Poten yang digunakan untuk upacara adat.
PURA LUHUR POTEN



            Demikian ulasan tentang Gunung Bromo, semoga bisa menjadi referensi bagi sobat yang ingin berkunjung ke tempat ini. Untuk pertanyaan dan tambahan bisa ditulis dikolom komentar. Terimakasih.

Incoming search terms :
#gunung bromo
#harga tiket masuk gunung bromo
#penanjakan gunung bromo
#puncak b29 gunung bromo

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "GUNUNG BROMO, MAHAKARYA TERINDAH DARI SANG PENCIPTA"

  1. Keindahan gunung bromo itu sendiri memang sudah tidak diragukan lagi oleh para wisatawan lokal maupun asing, selain Keunikan dan pesona landscape yang ditawarkannya memang memberikan citarasa tersendiri yang akan membuat para pengunjung terkesan saat mengunjunginya.
    Great share bro :-)

    ReplyDelete