7 Wisata Jogja Dekat Stasiun Tugu Yogyakarta dan Lempuyangan


7 Wisata Jogja Dekat Stasiun Tugu Yogyakarta dan Lempuyangan

Jogja – Yogyakarta merupakan sebuah kota yang terkenal memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik, mudah dijangkau dan harga tiket masuknya lumayan terjangkau. Selain itu banyak sekali oleh-oleh khas Jogja yang akan melengkapi perjalanan sobat dolenku berlibur.

Untuk sobat dolenku yang tertarik berlibur ke kota Jogja, berikut ini 7 tempat wisata Jogja dekat Stasiun Tugu Yogyakarta dan Stasiun Lempuyangan yang wajib dikunjungi :

7 Tempat Wisata Jogja Dekat Stasiun Tugu Yogyakarta dan Lempuyangan

1.      Jalan Milioboro


Tempat wisata dekat Stasiun Tugu Yogyakarta dan Stasiun Lempuyangan yang pertama adalah Jalan Malioboro. Jalan Malioboro sering dijadikan latar belakang syuting film maupun FTV karena menawarkan nuansa Kota Yogyakarta yang sesungguhnya.

Jalan Mailoboro bisa dijangkau dengan jalan kaki beberapa menit saja dari stasiun Tugu Yogyakarta. Kawasan ini dipercantik dengan tempat-tempat duduk, lampu jalan yang khas dan spot foto yang instagramable.

Untuk masuk ke Jalan Malioboro sobat dolenku tidak perlu bayar. Namun untuk makan dan oleh-oleh, sobat tetap harus beli dengan harga yang cukup murah.

2.    Tugu Jogja


Tempat wisata dekat Stasiun Tugu Yogyakarta dan Stasiun Lempuyangan berikutnya adalah Tugu Jogja atau Tugu Pal Putih. Tugu yang menjadi ikon Yogyakarta ini mempunyai nilai simbolis dan merupakan garis yang bersifat magis yang menghubungkan laut selatan, Kraton Jogja dan Gunung Merapi.


Tugu Jogja selalu ramai dikunjungi pengunjung pada malam hari yang ingin berfoto maupun sekedar menikmati pemandangan sambil mencari makan angkringan. Wisata ini gratis tanpa dipungut biaya.

3.    Taman sari


Tempat wisata dekat Stasiun Tugu Yogyakarta dan Stasiun Lempuyangan berikutnya adalah Taman Sari. Kawasan ini adalah bukti peninggalan Raja Mataram di Yogyakarta. Taman Sari dikenal dengan pola bangunan artistik Jawa yaitu sering disebut dengan Istana Air.


Terletak di luar komplek Alun-Alun Utara, untuk masuk ke Taman sari, sobat dolenku hanya perlu membayar Rp 5.000. Jika kita masuk mengelilingi tempat ini akan dijumpai bangunan unik seperti Gedhong Gapura Hageng (gerbang besar), Umbul Pasiraman (pemandian), Gedhong Gapura Panggung (kolam berdinding besar) dan Sumur Gemuling (masjid bawah tanah).

4.    Alun-Alun Selatan


Alun-Alun Selatan atau Kidul sering dipakai syuting film ataupun FTV. Ikon dari alun-alun ini adalah adanya 2 pohon beringin di tengah-tengah.

Selain bagus untuk berfoto diantara pohon beringinnya, sobat dolenku juga bisa melakukan Ritual Laku Masangin. Menurut mitos yang dipercaya turun temurun, bagi siapa saja yang berhasil lewat diantara 2 pohon beringin dengan mata tertutup maka orang tersebut hatinya bersih dan permohonannya akan terkabul.

5.    Keraton Yogyakarta dan Alun-Alun Utara


Rasanya tidak lengkap berlibur ke Jogja jika tidak mengunjungi Keraton Yogyakarta. Bangunan ini berada tepat diselatan Alun-Alun Utara dan berfungsi sebagai tempat tinggal sultan dan rumah tangga istananya yang masih menjalankan tradisi kesultanan hingga saat ini.

Sebagian komplek keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton dan gamelan. Untuk masuk komplek Keraton Yogyakarta, sobat dolenku hanya cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 7.000 saja.

6.    Titik Nol Kilometer Yogyakarta


Titik Nol Kilometer Jogja adalah sebuah persimpangan jalan yang menjadi favorit wisatawan untuk nongkrong di sore hari. Lokasinya yang sangat strategis yaitu diantara gedung-gedung tua bikinan penjajah kolonial Belanda mampu menyulap area ini menjadi bernuansa klasik yang eksotik dan tentunya instagramable.

Foto by @ekajullia
Jika sobat berada di Titik Nol Jogja ini dan mengarah ke selatan, sobat akan bisa melihat 3 gedung Belanda yang tampak megah yaitu Gedung Bank Indonesia, Gedung Kantor Pos Indonesia dan Gedung Bank Negara Indonesia yang mengapit jalan utama menuju Alun-Alun Utara Keraton Jogja.

7.    Museum Benteng Vredeburg

Foto by kikiamelia24
Tempat wisata dekat Stasiun Tugu Yogyakarta dan Stasiun Lempuyangan berikutnya adalah Musem Benteng Vredeburg. Bangunan yang terletak di sebelah selatan Pasar Beringharjo ini merupakan bekas penjara bagi para pejuang tanah air. Letaknya persis di depan Gedung Agung dan Kraton Kesultanan Yogyakarta.

Benteng Verdeburg berbentuk persegi dan mempunyai bastion (menara pantau) di keempat sudutnya. Di dalam Museum Benteng Vredeburg terdapat diorama mengenai sejarah Indonesia. Untuk masuk ke Museum Benteng Verdeburg, sobat dolenku hanya perlu membayar Rp 3.000 saja.

Beberapa foto saat kami berkunjung ke kota Jogja dalam rangka mengantar istri diklat :










Demikian informasi atau ulasan dari kami tentang 7 Wisata Jogja Dekat Stasiun Yogyakarta dan Stasiun Lempuyangan yang bisa kami sampaikan. Semoga bisa menjadi referensi buat sobat dolenku yang berencana liburan ke tempat ini. Untuk tambahan bisa ditulis di kolom komentar. Terimakasih.


Incoming search terms :
Wisata Jogja
Wisata Jogja Dekat Stasiun Yogyakarta
Wisata Jogja Dekat Stasiun Tugu Yogyakarta
Wisata Jogja Dekat Stasiun Lempuyangan
Wisata Jogja Sekitar Stasiun Yogyakarta
Jalan Malioboro
Tugu Jogja
Taman Sari
Alun-Alun Selatan
Keraton Yogyakarta dan Alun-Alun Utara
Titik Nol Kilometer Yogyakarta
Museum Benteng Vredeburg

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "7 Wisata Jogja Dekat Stasiun Tugu Yogyakarta dan Lempuyangan"