INDAHNYA MAKAM GUSDUR DI JOMBANG


INDAHNYA MAKAM GUSDUR DI JOMBANG

Sebagai warga Jombang, saya merasa malu jika temen-temen saya yang luar kota bercerita tentang pengalamannya ke Makam Gusdur di Jombang. Pasalnya, hingga tahun 2019 saya belum pernah sekalipun berziarah ke Makam Gusdur. Sampai akhirnya, bulan Agustus 2019, saya mengajak orang yang paling sayangi untuk main jalan-jalan ke Makam Gusdur yang jaraknya kurang lebih 7 kilometer dari rumah saya, hanya beda kecamatan saja.

Wisata religi makam Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang terletak di kompleks Pesantren Tebuireng seolah menjadi medan magnet bagi peziarah. Pasalnya, makam ini tak pernah sepi peziarah dari berbagai penjuru Indonesia. Hampir semua agen travel ke Wali Songo pasti memasukkan Makam Gusdur sebagai tambahan paketan. Lokasi Makam Gus Dur berada di Jl. Irian Jaya Tebuireng, Cukir Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang. Dari Stasiun atau Alun-Alun Jombang keselatan sekitar 7,5 kilometer.

Makam  Gus Dur  sejak 31 Desember 2009, terus dikunjungi ribuan peziarah setiap harinya. Sebelum Gus Dur meninggal, sudah ada makam dua pahlawan nasional di komplek makam tersebut, yakni KH Hasyim Asy’ari dan KH Abdul Wahid Hasyim. Dahulu, jumlah peziarah memang sudah banyak, namun tak sebanyak sekarang ketika ada makam Gus Dur.

           PRABOWO KETIKA BERZIARAH KE MAKAM GUS DUR

 AL ANAK AHMAD DHANI KETIKA BERZIARAH KE MAKAM GUSDUR

Kawasan makam Gus Dur dibuka dalam dua sesi. Pertama mulai pukul 07.00 hingga 16.00 dan sesi kedua mulai pukul 20.00 hingga 03.00. Jumlah pengunjung makam Gus Dur seolah tak bisa dihitung dengan mata. Saking banyaknya, peziarah berjubel hingga lesehan di beberapa sudut makam. Untuk masuk ke kawasan Makam Gus Dur, peziarah tidak dikenakan tiket masuk, hanya terdapat kotak Infaq yang dikelola dan dikembalikan untuk masyarakat. Disepanjang jalan menuju makam, peziarah bakal disambut lorong panjang yang disamping kanan-kirinya ada puluhan pedagang oleh-oleh.

Kawasan  makam Gus Dur mulai dipersolek pemerintah dua tahun sejak Gus Dur wafat. Pada 2011 Kemendikbud RI dan Pemkab Jombang mulai membangun Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asyari dan kawasan parkir di makam Gus Dur. Banyak pemandangan atau spot-spot foto yang bagus untuk diabadikan sebagai kenangan. Berikut adalah beberapa foto yang kami berhasil kami dokumentasikan saat berziarah ke Makam Gus Dur di Jombang.





MAKAM GUSDUR DI JOMBANG
Makam Gusdur Pada Malam Hari

Demikian informasi atau ulasan dari kami tentang Makam Gus Dur yang bisa kami sampaikan. Semoga bisa menjadi referensi buat sobat dolenku yang ingin berlibur atau berziarah bersama keluarga ke tempat ini. Terimakasih.


                         KEDUNG CINET, GRAND CANYONNYA JOMBANG

Incoming search terms :
·       Makam Gus Dur di Jombang
·       Lokasi Makam Gus Dur
·       Tiket Masuk Makam Gus Dur
·       Foto Makam Gus Dur
·       Wisata Jawa Timur
·       Wisata Religi
·       Wisata Jombang

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "INDAHNYA MAKAM GUSDUR DI JOMBANG"

Post a Comment