INDAHNYA PANTAI PULAU MERAH BANYUWANGI

INDAHNYA PANTAI PULAU MERAH BANYUWANGI

pulau merah


     Pulau Merah, ya setelah beberapa pekan tidak posting liburan  kali ini saya akan membahas liburan saya ke Banyuwangi tepatnya di Pulau Merah.Liburan kali ini terasa spesial bagi saya, betapa tidak setelah beberapa pekan kerja saya gak ada liburnya sama sekali, akhirnya tibalah hari libur untuk liburan ngrefres otak.Pada liburan kali ini tidak seperti biasanya yang selalu dengan si Icha tetapi dengan teman-teman kerja satu bagian.Singkat cerita kami yang berjumlah 45 orang pergi ke Pulau Merah Banyuwangi dengan menyewa bus pariwisata yang cukup terkenal di Pasuruan.Dari Pasuruan berangkat jam 8 malam dan tiba dilokasi pantai Pulau Merah sekitar jam 5 pagi.


KESERUAN SAAT DIDALAM BUS

     Pulau merah memang sedang booming akhir-akhir ini.Banyak wisatawan baik lokal maupun manca yang berbondong-bondong ke Banyuwangi untuk melihat pesona indahnya Pantai Pulau Merah.Disebut Pantai Pulau Merah karena ada Pulau yang menyerupai pegunungan di tengah pantai dan berwarna kemerahan.Untuk sobat dolenku yang belum pernah  atau ingin ke Pulau Merah ini saya buatkan ulasan atau review Pantai Pulau Merah mulai dari alamatnya, rute menuju kesana, tiket masuknya, foto-foto dokumentasi Pantai Pulau Merah dan hal-hal lain yang ada di Pantai Pulau Merah.

LOKASI
     Pantai Pulau Merah berada di desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggrahan, Banyuwangi.Untuk menuju Pulau Merah di selatan Kabupaten Banyuwangi ini kita bisa mengambil jalur dari Kota Banyuwangi dan akan melewati empat kecamatan yaitu Kecamatan Rogojampi-Srono-Purwoharjo-Pesanggrahan.Jarak tempuh menuju lokasi Pantai Pulau Merah berkisar 66 km dengan perjalanan sekitar 2-3 jam.

RUTE PANTAI PULAU MERAH DARI KOTA BANYUWANGI

TIKET MASUK
     Harga tiket masuk Wisata Pantai Pulau Merah ini cukup murah yaitu dipatok Rp.8.000/orang dan untuk parkir gratis dan area parkirpun cukup luas dan rindang di bawah pohon.Jam buka loket masuk sekitar jam 7 pagi akan tetapi jika kita sampai di Pulau Merah jam 5 pagi, tiket masuknya akan ditarik ketika kita pulang.
pulau merah

WISATA YANG BISA DINIKMATI
     
pulau merah


     Begitu kita sampai di parkiran, kita akan disambut dengan suara deburan ombak yang keras.Dibalik pohon khas pantai kita akan disuguhi pantai yang masih jernih seperti kristal dan dilengkapi dengan pasir putihnya yang menghampar sejauh kurang lebih 3 km menambah kecantikan Pulau Merah.Perpaduan pantai dan pegunungannya membuat pantai ini berbeda dengan pantai yang lainnya.Pada sore hari para pengunjung bisa menikmati pemandangan matahari tenggelam.

pulau merah

     Ketika laut sedang surut, para pengunjung bisa berjalan kaki menikmati keindahan gunung kecil ditengah pantai yang tananhnya berwarna merah.Namun saya memutuskan tak pergi ke pulau kecil ini karena tidak tahu kedalaman persisnya dan juga karena saya tidak begitu pandai berenang.Untuk sobat dolenku yang bisa berenang bisa mengunjungi pulau kecil yang menjadi ikon Pantai Pulau Merah.

     Ombaknya yang cukup tinggi yakni bisa mencapai 4-5 meter membuat pantai ini ramai dikunjungi para peselancar baik lokal maupun manca, biasanya pada jam-jam 8 an para peselancar muali ramai menaklukan ombak.Pantai Pulau Merah tidak begitu banyak batuan karang sehingga aman untuk digunakan berselancar untuk para pemula.Bagi kalian yang ingin berselancar bisa menyewa papan selancar dengan harga mulai Rp.25.000 sampai Rp.50.000.Bila sobat dolenku masih tahap belajar berselancar bisa menyewa jasa anak pantai yang akan mengajari sobat untuk berselancar.

     Bermain air dan pasir yang putih bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan bersama keluarga.Bisa juga bermain sepakbola atau voli ditempat ini.Ada juga persewaan kursi tempat berjemur yang memanjakan wisatawan, tak heran jika Pantai Pulau Merah sering disebut Pantai Kuta-nya Pulau Jawa.

FASILITAS
     Fasilitas di Pantai Pulau Merah cukup memadai mulai dari banyaknya toilet umum, mushola dan juga toko-toko penjual souvenir.Anda bisa mencari oleh-oleh kaos khas Banyuwangi dengan harga mulai Rp.30.000-Rp.50.000.
Beberapa foto atau dokumentasi saya ketika mengunjungi Pantai Pulau Merah Banyuwangi :

pulau merah

PULAU MERAH

     Selain itu juga tersedia fasilitas keliling pantai pulau merah dengan perahu cukup dengan membayar Rp.20.000 per orang tapi jika ingin ke teluk hijau dan mampir kita bisa menyewa perahu fuul dengan harga berkisar satu juta perperahu dan bisa menampung maksimal 8 orang.

pualau merah

green bay
PEMANDANGAN DI TELUK HIJAU


     Demikian ulasan atau review dari kami tentang Wisata Pantai Pulau Merah, semoga bisa menjadi referensi sobat dolenku yang ingin berkunjung ke tempat ini.Bila ada yang ingin kalian tanyakan bisa corat-coret di komentar dan akan saya balas paling lama 2x24 jam.Terimakasih.

Incoming search terms : 
pulau merah,pantai pulau merah banyuwangi,lokasi pantai pulau merah,tiket masuk pantai pulau merah banyuwangi.

Postingan terkait:

10 Tanggapan untuk "INDAHNYA PANTAI PULAU MERAH BANYUWANGI"

  1. Banyuwangi memang sedang mengalami perkembangan yang cukup pesat dalam bidang pariwisata. Selain pantai Pulau Merah dan Teluk Hijau juga ada spot lain seperti Pantai Bansring dimana disini bisa diving, pulau tabuhan juga layak untuk dikunjungi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang banyuwangi memiliki banyak potensi wisata, namun menurut beberapa sumber penyebab menurunnya jumlah pengunjung di Pulau Merah karena pencemaran limbah dari perusahaan tambang emas.

      Delete
  2. Klo tiba di pulau merah malam hari msh boleh masuk lokasi gak y?soalnya ini baru pertama saya kebanyuwangi,kemungkinan nyampek sana jam 11 malam,mohon infonya y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insaalloh boleh gan..seperti kami dulu sampai lokasi jam 5 pagi langsung masuk,untuk tiket masuknya bayar pas pulangnya.Banyak juga yang camping disitu,jadi kemungkinan besar bisa langsung masuk.Sekedar info pantai sama jalan kampung tidak ada pembatasnya jadi kalau mobil tidak bisa masuk bisa berjalan kaki sekitar 20meter saja.

      Delete
  3. bis besar bisa kah masuk Pantai Pulau Merah?

    ReplyDelete
  4. Jarak parkiran ke pantai jauh gak? Katanya harus jalan kaki jauh, benarkah?

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete