MAKAM BUNG KARNO BLITAR DAN ISTANA GEBANG VIA KERETA API

Makam Bung Karno

Hai sobat dolenku, dalam postingan kali ini saya akan mengulas tentang liburan saya kemarin ke Kota Blitar. Sebenarnya tujuan utamanya adalah pingin nyobain naik kereta. Akhirnya saya mencari wisata yang lokasinya dekat dengan stasiun.Terpilihlah Stasiun Blitar menjadi tempat pemberhentian kami nantinya karena disitu ada tempat wisata Makam Bung Karno dan Istana Gebang rumah orang tua Bung Karno.Singkat cerita sayapun mempersiapkan semua yang butuhkan untuk liburan ke Makam Bung Karno naik kereta api, termasuk tiket kereta api saya pesan 1 hari sebelum keberangkatan yaitu naik KA DHOHO PANATARAN dengan rute Surabaya-Blitar lewat Kertosono.

Tiket kereta api saya pesan di Stasiun Mojokerto tetapi saya berangkat dari Stasiun Sembung-Perak-Jombang dan turun di Stasiun Blitar.Sekedar informasi bahwasanya harga tiket tetap Rp.15.000 mau kita naik dari Surabaya ataupun dari Jombang.Saya mengambil jam keberangkatan paling pagi yaitu jam 06:50 WIB dari Stasiun Sembung dan tiba di Kota Blitar jam 10:05 WIB dan untuk pulangnya jam 16:45 WIB dari Kota Blitar dan sampai di Stasiun Sembung diperkirakan jam 20:50 WIB.

PETA MENUJU MAKAM BUNG KARNO DARI STASIUN BLITAR

Hari minggu tiba, jam setengah tujuh pagi saya pun telah siap menunggu kereta datang.Sampai di Stasiun Blitar ada dua alternatif untuk menuju ke Makam Bung Karno yaitu dengan naik ojek atau naik becak karena tidak ada angkutan umum di Kota Blitar. Untuk kenyamanan, sayapun memutuskan untuk menggunakan jasa tukang becak dengan tarif dari Stasiun Blitar-Makam Bung Karno Rp.30.000 untuk pergi saja, untuk balik ke Stasiun tarifnya sama.Akan tetapi jika kita ingin mampir sekalian ke Istana Gebang dikenai tarif Rp.30.000.Jadi total semua RP.90.000 untuk ongkos becak.Sebagai informasi jarak antara Stasiun Blitar dengan Makam Bung Karno berkisar 3 km dan menanjak.Untuk sobat dolenku yang ingin mengirit bisa jalan kaki menuju Makam.Tenang saja sudah disediakan jalur khusus pejalan kaki yang cukup rindang dengan pohon-pohonnya.Dan setelah menempuh perjalanan dengan becak sekitar 20 menit kamipun sampai di pelataran Makam Bung Karno.

Makam Bung Karno
     Begitu masuk kita akan disambut dengan patung Bung Karno yang sedang duduk sambil memegang sebuah buku.Tepat disampingnya terdapat perpustakaan Bung Karno.Masuk lebih ke dalam lagi kita akan disambut dengan kolam air mancur yang membuat suasana yang panas seakan menjadi segar.Selain itu juga ada relief-relief Bung Karno disepanjang dinding.

KOLAM AIR MANCUR BUNG KARNO

RELIEF TENTANG BUNG KARNO DI SEPANJANG DINDING

GAPURA MASUK MAKAM BUNG KARNO

Sebelum masuk ke Makam Bung Karno kita terlebih dahulu harus mengisi daftar pengunjung cukup satu orang saja per rombongan sebagai perwakilan.Disini kita ditarik dana kas untuk pemeliharaan Makam Bung Karno seikhlasnya.Terlihat ramai sekali pengunjung yang berziarah ke Makam Bung Karno sehinnga kamipun memutuskan tidak masuk ke Pendopo Makam.
PENDOPO MAKAM BUNG KARNO

ALAS KAKI HARUS DILEPAS

Selain itu juga ada Gong Perdamaian di tempat ini dan juga taman cantiknya.Begitu puas menikmati pemandangan kita keluar lewat pintu belakang.Disepanjang pintu keluar terdapat banyak sekali penjual oleh-oleh khas Kota Blitar.Mulai dari kaos bertemakan nasionalisme dengan harga berkisar Rp.30.000-Rp.50.000, dan tas dari bahan batok kelapa mulai dari harga Rp.40.000-Rp.85.000 dan juga makanan ringan dengan harga Rp.10.000 dapat tiga.

Setelah selesai di Makam Bung Karno sayapun memutuskan untuk langsung ke Istana Gebang, rumah orang tua Bung Karno.Suasananya nampak asri karena terdapat pohon besar berusia puluhan tahun di taman depan istana.

ISTANA GEBANG

Setelah selesai beristirahat sejenak, saya pun masuk ke dalam istana.Di dalam ada barang-barang peninggalan Bung Karno serta keluarga besarnya.terdapat banyak sekali piagam-piagam dan foto-foto Bung Karno pada jaman dahulu.Untuk masuk ke dalam Istana alas kaki harus dilepas.Ini beberapa dokumentasi dari saya ketika mengunjungi Istana Gebang.

Selesai sudah desnitasi saya ke Makam Bung karno dan Istana Gebang, kamipun jam tiga sore sudah dijemput tukang becak yang kami sewa dan sampai di Stasiun Blitar jam 15:15 WIB.Akan tetapi karena jam datang keretanya baru jam 16:45 dan kami dilarang untuk menunggu didalam stasiun, kamipun memutuskan untuk jalan-jalan dulu ke alun-alun Blitar yang berjarak kurang lebih 500 meter dari Satisun Blitar dengan berjalan kaki.Berikut dokumentasi kami saat berada di alun-alun Blitar.

Demikian ulasan atau review dari saya tentang Makam Bung Karno Blitar dan Istana Gebang, semoga bisa menjadi referensi bagi sobat dolenku yang ingin berkunjung ke tempat ini.Untuk pertanyaan dan tambahan silakan tulis dikolom komentar.Terimakasih.

Incoming search terms :
makam bung karno blitar, istana gebang, lokasi makam bung karno, jam buka makam bung karno,tiket masuk makam bung karno,jarak stasiun blitar dengan makam bung karno.

Postingan terkait:

11 Tanggapan untuk "MAKAM BUNG KARNO BLITAR DAN ISTANA GEBANG VIA KERETA API"

1. This comment has been removed by a blog administrator.

2. Terima kasih banyak mas infonya. Kebetulan saya pengen banget ke makam bung karno.

3. Subahanallah...sy takjub..alhamdulillah...keinginan sy bersilaturahmi..ke makam bung karno,insyaallah..akan tercapai aamiin...terima kasih ya allah,telah mengabulkan doa ku

4. Subahanallah...sy takjub..alhamdulillah...keinginan sy bersilaturahmi..ke makam bung karno,insyaallah..akan tercapai aamiin...terima kasih ya allah,telah mengabulkan doa ku

5. Terimakasih mas ulasannya sangat bermanfaat sekali,,kebetulan sy juga mau nyobain maen kesana via kereta api,,mau ngikuti jejeknya mas.

6. Sama-sama...... sekarang sudah jamannya grab sama gojek, jadi bisa lebih hemat

7. Kak mau tanya,kalau kita nunggu di stasiun emangnya gaboleh ya kak?